Telinga Tersumbat? 5 Hal ini Mungkin jadi Penyebabnya

Wanita dengan Telinga Tersumbat
Wanita Asia Telinganya tersumbat

Telinga terasa tersumbat memang membuat seseorang merasa tidak nyaman bahkan akan mengganggu aktivitas. Apa lagi jika telinga terasa tersumbat dan nyeri secara bersamaan, tentunya sangat mengganggu. Jika terjadi dalam kurun waktu yang lama, jelas akan menyebabkan ketidaknyamanan bahkan akan mengganggu pendengaran. Simak kemungkinan penyebabnya berikut ini.

Penyebab Telinga Terasa Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi telinga tersumbat , ada baiknya mengetahui penyebab dari masalah tersebut. Kondisi ini bisa saja disebabkan karena faktor ringan ataupun suatu penyakit. Mari kita tahu penyebab telinga terasa tersumbat dibawah ini:

  1. Sinusitis 

Penyebab dari telinga terasa tersumbat bisa karena sinusitis yaitu ketika rongga sinus yang terhubung dengan telinga bagian dalam dan hidung. Apabila terjadi peradangan pada bagian sinus bisa mengakibatkan tekanan di dalam telinga sehingga dapat menimbulkan berbagai gejala yang tidak nyaman pada telinga atau hidung. 

Baca juga: Cara Efektif Mengobati Sakit Telinga Sesuai Penyebabnya

  1. Pilek atau Flu

Pilek atau flu sendiri biasanya disebabkan oleh alergi atau infeksi kuman baik bakteri ataupun virus. Kondisi tersebut ternyata bisa memicu timbulnya peradangan saluran napas serta saluran dimana menghubungkan hidung dengan telinga sehingga telinga akan tersumbat sekaligus terasa sakit.  Cara mengatasi telinga tersumbat karena flu yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengompres hangat pada telinga.  Cara ini membantu mengencerkan lendir dan membuka saluran eustachius.

  1. Kotoran Telinga Menumpuk 

Pernahkah Anda bangun tidur telinga tersumbat tiba-tiba? Kemungkinan besar disebabkan karena adanya kotoran telinga yang menumpuk. Ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa telinga terasa tertutup sebelah. Untuk mengatasinya cobalah gunakan cotton bud buat membersihkan kotoran agar keluar. 

  1. Infeksi Telinga 

Infeksi telinga ternyata juga menjadi penyebab mengapa telinga terasa penuh atau sering disebut otitis media. Biasanya paling sering terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Kondisi ini membuat telinga tengah menjadi meradang karena adanya penumpukan cairan. 

Baca juga: Tak Perlu Khawatir, Ini Dia Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

  1. Saluran dalam telinga tersumbat

Tuba eustachius menghubungkan telinga ke tenggorokan. Lendir dan cairan ini akan menghubungkan telinga ke tenggorokan. Jika ada sumbatan pada bagian tuba eustachius, tentunya telinga akan terasa tersumbat juga. 

Terkadang lendir dan cairan terperangkap di telinga tengah sehingga seseorang merasakan telinga tersumbat. Sumbatan tuba eustachius perlu dibuka sebab cairan yang terperangkap dapat menyebabkan infeksi jika dibiarkan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan obat telinga tersumbat di apotik. Lalu, jika belum masih belum sembuh, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter THT. Anda juga dapat menghubungi Audiologis kami untuk membuat jadwal pertemuan dan melakukan pemeriksaan pendengaran Anda.