Cara Efektif Mengobati Sakit Telinga Sesuai Penyebabnya

mengobati sakit telinga

Umumnya, anak-anak sering mengalami sakit pada telinga tetapi orang dewasa juga dapat mengalaminya. Infeksi telinga menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan komplikasi yang berbahaya, contohnya tuli.  Sakit telinga disebabkan oleh banyak faktor dan jika tidak diatasi dengan segera akan berbahaya. Simak cara efektif mengobati sakit telinga sesuai penyebabnya berikut ini.

Penyebab Telinga Sakit

​​Cara untuk mengetahui penyebab telinga sakit, dokter akan memeriksa telinga Anda dan menanyakan keluhan apa saja yang dirasakan oleh pasien. Lalu, dokter akan memberikan resep obat sesuai dengan penyebab infeksi yang terjadi pada telinga.

 Beberapa pasien akan merasakan nyeri pada telinga bila terdapat infeksi pada telinga. Apa yang menyebabkan telinga nyeri? Sakit telinga terjadi karena adanya penumpukan cairan pada telinga  atau peradangan dalam organ telinga. Sakit pada telinga juga dapat terjadi karena berbagai gangguan kesehatan mulai dari gejala penyakit yang ringan hingga yang berbahaya. 

Cara Mengobati Sakit Telinga Sesuai Penyebabnya

Sakit telinga terjadi karena banyak faktor. Simak cara mengobati sakit telinga sesuai penyebabnya berikut ini:

  1. Cara Mengobati Sakit Telinga Disebabkan Oleh Infeksi

Menurut Medical News Today, sebagian orang akan merasakan sakit tenggorokan sampai telinga yang berasal dari infeksi, paling utama telinga bagian tengah. Infeksi telinga yang menyerang bagian tengah mungkin akan menyebabkan sebagian orang sakit telinga saat menelan. 

Infeksi bakteri dapat menyebabkan jaringan dalam telinga teriritasi sehingga membuat telinga sakit saat menelan. Jika Anda terkena sakit telinga bagian dalam yang disebabkan oleh bakteri, umumnya dokter akan meresepkan antibiotik. 

  1. Cara Mengobati Sakit Telinga Disebabkan Oleh Tekanan Udara

Tekanan udara seperti naik pesawat, naik lift ke gedung yang tinggi, atau berada di gunung yang tinggi menyebabkan sakit telinga atau berdengung. Perubahan tekanan udara secara drastis dapat menyebabkan telinga sakit sebelah kiri maupun kanan. Namun, hal ini tergantung kondisi telinganya.

Cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan mengunyah permen karet, menelan udara, atau menguap. Anda dapat mencoba dengan cara mengambil napas yang dalam, lubang hidung ditutup, lalu keluarkan udara dari hidung dengan pelan-pelan.

Baca juga: Penyakit Gangguan Pendengaran: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

  1. Cara Mengatasi Sakit Telinga Akibat Telinga Tersumbat

Telinga yang tersumbat air bisa menyebabkan infeksi telinga luar. Air yang terperangkap di saluran telinga bisa jadi tempat berbiaknya kuman. Gejala infeksi telinga luar ini berupa telinga kemerahan, bengkak, gatal, ada cairan tak sedap keluar dari telinga, dan telinga terasa sakit. Cara mengatasi telinga sakit ini biasanya memerlukan obat tetes telinga dengan antibiotik yang diresepkan dokter.

  1. Cara Mengatasi Sakit Telinga Disebabkan Oleh Sakit Tenggorokan

Sakit gigi, gigi berlubang, abses gigi, atau gigi geraham terkena benturan juga bisa menyebabkan sakit telinga. Radang tenggorokan yang parah seperti infeksi tonsilitis atau faringitis juga bisa menyebabkan sakit telinga Selain itu, masalah rahang saat cedera menggertakkan gigi ketika mengunyah, bicara, atau menguap terkadang bisa memicu sakit telinga bagi sebagian orang.

  1. Cara Mengobati Sakit Telinga Disebabkan Oleh Sering Mengorek Telinga

Gendang telinga yang pecah akan menyebabkan robekan atau lubang pada selaput tipis membran timpani yang menyebabkan nyeri pada telinga. Seringkali kita mengorek telinga karena gatal dan kebiasaan mengorek telinga terus menerus mendorong getah pada telinga sehingga menumpuk dan dapat menyumbat telinga. Akibat dari mengorek telinga akan membuat pendengaran terganggu karena adanya penyumbatan pada telinga. 

Mengorek telinga terlalu dalam dapat menyebabkan gendang telinga robek, dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri. Sebaiknya konsultasi ke dokter THT dan dokter akan meresepkan obat telinga sakit yang sesuai dengan kebutuhan . Umumnya, dokter akan memberikan paracetamol untuk membantu mengurangi nyeri saja. Jika mengalami gendang telinga yang robek, pemberian obat tetes telinga ditunda dulu karena dapat merusak jaringan telinga pada bagian dalam. 

Cara Alami Menghilangkan Rasa Sakit Pada Telinga

Sakit telinga dapat disebabkan oleh beberapa hal contohnya alergi, infeksi, dan sebagai respon terhadap bagian tubuh tertentu yang sedang mengalami peradangan. Infeksi yang terjadi pada telinga tidak selalu menandakan kondisi yang serius, namun sakit telinga tentunya akan sangat mengganggu. Apa obat alami infeksi telinga yang dapat dilakukan di rumah? Mari simak berikut ini:

  1. Bagaimana cara menghilangkan rasa sakit di telinga? Cara pertama yaitu meletakkan handuk yang dibasahi air panas pada telinga yang sakit. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada telinga.
  2. Pijat sekitar area yang sakit seperti memijat area telinga jika terasa sakit pada area tersebut. Pemijatan dapat membantu mengatasi rasa sakit yang Anda alami.
  3. Minyak tea tree memiliki kandungan senyawa antiseptik, antijamur, antibakteri, dan anti radang sehingga dapat Anda gunakan sebagai obat tetes pada telinga untuk mengurangi rasa sakit.
  4. Bawang putih juga dapat digunakkan untuk meredakkan sakit telinga. Penelitian membuktikan bahwa bawang puting mempunyai antimikroba dan antibiotik yang membantu melawan terhadap infeksi. Caranya adalah merendam bawang putih yang telah dihancurkan ke dalam minyak wijen atau zaitun. Lalu, disaring dan oleskan pada saluran telinga. 
  5. Posisi tidur juga dapat mempengaruhi telinga yang sakit. Jika telinga kanan yang mengalami infeksi, tidur miring ke kiri. Semakin sedikit terkena tekanan pada bantal maka juga semakin sedikit rasa sakit yang dirasakan pada telinga.

Baca juga: Inilah Ciri-ciri Gendang Telinga Pecah yang Jarang Orang Ketahui!

Cara Mencegah Infeksi Telinga

Ada baiknya untuk mencegah infeksi telinga agar telinga tetap sehat seperti tidak mengorek telinga terlalu dalam, tidak mendengarkan suara terlalu keras, dan tidak memasukkan benda asing ke dalam telinga.

Apa yang Anda konsumsi sehari-hari juga dapat mempengaruhi kesehatan pendengaran. Bila ingin pendengaran sehat tentunya makanan juga perlu diperhatikan karena orang yang sedang sakit telinga atau mengalami infeksi perlu menghindari beberapa makanan tertentu .

Jadi, infeksi telinga tidak boleh makan apa? Makanan yang tidak boleh dikonsumsi yaitu makanan asam dan pedas. Makanan seperti kacang kedelai seperti tempe dan tahu tidak boleh dimakan. Minuman yang terlalu dingin juga tidak dianjurkan. 

Itu dia cara mengobati berbagai jenis telinga yang dapat Anda coba. Sebaiknya  menghubungi dokter spesialis THT untuk mengetahui masalah pada telinga sehingga mendapatkan solusi terbaik. Atau bila masih ragu, Anda dapat membicarakan tentang masalah yang Anda alami seputar telinga kepada hearLIFE Hearing Care Center. Tim hearLIFE sangat profesional dan berpengalaman di bidangnya, khususnya dalam memberikan perawatan pendengaran.