Inilah Berbagai Penyebab dan Tips Mengatasi Telinga Gatal

Mengatasi Telinga Gatal
Wanita sedang menggaruk telinga karena gatal

Telinga yang gatal secara tidak sadar dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan telinga gatal, salah satu contohnya adalah infeksi. Berikut adalah ulasan mengenai faktor dan tips mengatasi telinga gatal. 

Penyebab Telinga Gatal

Mengutip Web Md, berikut adalah penyebab dari telinga gatal, yaitu sebagai berikut:

1. Penumpukan Kotoran Telinga

Kotoran telinga yang berbentuk wax ini ternyata memiliki beragam manfaat, lho! Selain untuk membersihkan telinga, kotoran telinga juga berfungsi untuk menjaga telinga tetap lembab. Namun jika terlalu banyak, maka akan menyebabkan rasa gatal. 

2. Infeksi

Selain disebabkan oleh kotoran telinga yang berlebihan, telinga gatal juga bisa menandakan Anda mengalami infeksi telinga.  Hal ini dapat terjadi ketika Anda sedang pilek, flu, ataupun alergi. Jika Anda terus merasakan telinga gatal yang berkepanjangan, Anda dapat cek ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

3. Alergi Kulit

Kulit dalam telinga dapat terasa gatal karena reaksi alergi. Berbagai produk kecantikan seperti hairspray dan shampo bisa menjadi penyebabnya. Selain itu, barang-barang yang mengandung nikel, contohnya anting-anting juga dapat menjadi penyebab telinga gatal.

4. Eksim atau Psoriasis

Eksim merupakan kondisi dimana kulit menjadi kemerahan dan gatal. Jika Anda mengalami hal ini, Anda mungkin dapat rentan terhadap telinga yang gatal. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan obat tetes telinga. 

Baca juga: Tak Perlu Khawatir, Ini Dia Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

5. Menggunakan Cotton Bud

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud, tidak hanya bisa menyebabkan kotoran masuk ke dalam telinga, namun juga bisa luka dalam saluran telinga yang mengakibatkan telinga Anda gatal. Jika Anda ingin menggunakan cotton bud, lebih baik Anda membersihkan bagian terluar telinga dan hindari mengorek terlalu dalam.

6. Alergi Makanan 

Jika Anda mengalami demam atau alergi serbuk sari, telinga Anda akan terasa gatal saat Anda mengonsumsi buah atau sayuran. Pada kebanyakan kasus, tidak perlu perawatan lebih lanjut. Pastikan ke dokter untuk cek alergi yang Anda alami. 

Tips Mengatasi Telinga Gatal

Setelah mengetahui berbagai faktor yang dapat menyebabkan telinga gatal, yuk simak cara-cara untuk mengatasi telinga gatal!

1. Gunakan tetesan olive oil atau baby oil. 

Dikutip dari Healthline, olive oil memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi telinga. Caranya cukup mudah, gunakan 2 sampai dengan 3 tetes olive oil, dan pijat lembut bagian depan telinga. 

2. Rutin ke dokter THT

Untuk menghindari telinga gatal, pastikan Anda rutin membersihkan telinga ke dokter THT. Dengan peralatan yang lengkap, Anda tidak perlu khawatir keamanannya!

Baca juga: Telinga Tersumbat? 5 Hal ini Mungkin jadi Penyebabnya

3. Menggunakan obat

Jika Anda merasa gatal di telinga tidak kunjung hilang, Anda dapat menggunakan obat tetes telinga. Dengan catatan, harus menggunakan resep dari dokter. Obat dapat berupa obat tetes telinga, obat oles maupun obat minum. 

4. Menggunakan alat bantu dengar dengan tepat

Jika Anda menggunakan alat bantu dengar, pastikan Anda menggunakannya dengan tepat. Hal ini karena penggunaan yang salah dapat mengakibatkan iritasi pada telinga Anda. Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai berbagai penyebab dari telinga gatal, dan tips untuk mengatasinya. Untuk cek kesehatan telinga, Anda dapat mencoba berbagai layanan hearLIFE seperti pemeriksaan pendengaran, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Semoga bermanfaat ya.