Mengenal Fungsi Saluran Eustachius pada Telinga

Saluran Eustachius pada Telinga
Mengenal Fungsi Saluran Eustachius pada Telinga

Pernahkah Anda merasakan sulit mendengar ketika berada dalam pesawat? Lalu ketika mendarat terdengar suara yang tidak nyaman pada telinga. Ya, kondisi ini akan membuat saluran eustachius terbuka yang memiliki fungsi pada keseimbangan telinga sehingga keseimbangan telinga terganggu.

Fungsi dari saluran eustachius memiliki peran bagi ruang di belakang gendang telinga. Jika fungsi dari saluran eustachius Anda terganggu, maka kemungkinan besar Anda merasakan nyeri pada telinga. Mari kita ketahui penjelasan secara detail di bawah ini. 

Fungsi Saluran Eustachius

Saluran eustachius adalah saluran yang digunakan untuk menghubungkan antara telinga tengah dengan nasofaring yang merupakkan bagian tenggorokan atas dan juga rongga hidung bagian belakang. Saluran ini memiliki ukuran kurang lebih sebesar 36 mm untuk orang dewasa.  Maka dari itu, penting sekali untuk kita ketahui tiga fungsi saluran eustachius pada telinga berikut ini:

Baca juga: Kenali Bagian-Bagian Telinga Serta Fungsinya

  1. Menyeimbangkan tekanan

Fungsi saluran eustachius ini memang pada umumnya diketahui bisa menyeimbangkan tekanan antara bagian pada telinga bagian tengah dengan tekanan lingkungan di luar tubuh Anda. Sehingga ketika tekanan di telinga dan juga di luar tubuh tidak seimbang, maka nanti gendang telinga akan berubah menjadi bentuk yang berbeda dan tidak mampu lagi menangkap suara dengan baik. Tentunya Anda harus hati-hati menjaga saluran eustachius ini supaya semua fungsinya bisa berjalan dengan baik.

  1. Pembersih telinga

Fungsi terakhir dari saluran eustachius adalah untuk membersihkan kotoran telinga yang dapat memperlambat fungsi telinga bagian tengah. Saluran eustachius mempunyai silia dan lendir yang berfungsi untuk menjaga kebersihan telinga.

  1. Melindungi Telinga

Jika terjadi tekanan yang tidak seimbang pada luar dan dalam telinga maka saluran eustachius akan tertutup. Saluran ini tertutup untuk melindungi telinga dan mencegah virus atau bakteri masuk ke dalam saluran, dan menghilangkan tekanan yang terjadi pada telinga ketika Anda mendengar suara yang keras.

Baca juga: 3 Cara Kerja Telinga Saat Menangkap Bunyi

Cara Membuka Saluran Eustachius

Setelah mengetahui fungsi saluran eustachius dalam hal keseimbangan tekanan di dalam dan luar telinga, tentunya Anda penasaran jika terjadi ketidakseimbangan pada telinga yang membuat Anda tidak nyaman. Beberapa cara ini dapat dilakukan untuk membuka saluran eustachius:

  • Menguap 
  • Bersin
  • Menelan
  • Mengunyah permen karet
  • Menelan sambit tutup hidung
  • Menggerakan kepala ke depan dan belakang

Fungsi saluran eustachius termasuk penting untuk dijaga kesehatannya karena merupakan penyeimbang telinga. Jika Anda masih merasa tidak nyaman pada telinga yang tidak kunjung membaik setelah melakukan berbagai cara di atas, segeralah ke dokter THT untuk penanganan yang cepat dan tepat.