Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Bau pada Bayi

telinga bayi bau

Mungkin Anda bertanya-tanya dan panik ketika telinga bayi Anda keluar cairan seperti ingus dan bau. Aroma tidak sedap yang muncul bisa jadi merupakan tanda bayi mengalami infeksi telinga dan adanya penumpukan kotoran telinga. Jangan khawatir karena pada ulasan berikut kami akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi telinga bau pada bayi. Berikut artikel selengkapnya. 

Baca Juga : 7 Penyebab Kelainan Telinga yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Telinga Bayi Bau

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan telinga bayi Anda bau, yaitu sebagai berikut:

  • Penumpukan Kotoran Telinga

Faktor yang pertama adalah penumpukan kotoran pada telinga bayi Anda yang berlebih. Kotoran pada telinga pada dasarnya berfungsi melindungi telinga dari benda-benda asing dan menjaga agar telinga tetap lembab. Kotoran yang berlebih ini disebut sebagai cerumen impaction.

  • Kelembaban yang Berlebihan

Penyebab selanjutnya adalah kelembaban telinga yang berlebihan. Kelebihan kelembaban dalam telinga ini dapat mengubah aroma telinga bayi yang juga bisa menyebabkan gatal. Oleh karena itu, pastikan telinga bayi Anda tetap kering agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. 

  • Infeksi Telinga bagian Tengah 

Bayi dapat mengalami infeksi telinga bagian tengah, yang dapat menyebabkan bau pada telinga. Secara medis, infeksi ini disebut sebagai otitis media. Faktor yang  menyebabkan bayi mengalami infeksi adalah karena bakteri dan virus yang mungkin didapatkan setelah bayi pilek. 

Anda perlu waspada jika bau telinga bayi disertai dengan gejala-gejala seperti sakit kepala, bayi mengalami kesulitan tidur, muntah, diare, dan demam. 

  • Tindik Telinga

Selanjutnya adalah karena faktor tindik telinga pada bayi. Telinga yang ditindik merupakan tempat yang paling mudah dimasuki oleh virus dan bakteri. Kemerahan pada telinga adalah tanda-tanda awal dari infeksi. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan gejala-gejala infeksi yang timbul setelah menindik telinga bayi Anda. 

Cara Mengatasi Telinga Bau pada Bayi 

Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi telinga bayi Anda yang bau dan berair, yaitu sebagai berikut:

  • Bersihkan dengan Air Hangat

Cara yang pertama adalah Anda dapat membersihkan telinga bayi dengan kompres air hangat. Hindari membersihkan telinga bayi menggunakan cotton bud, karena dapat menyebabkan kotoran telinga masuk ke dalam. 

  • Pastikan Bayi Cukup Minum

Untuk mengurangi penyumbatan pada saluran eustachius di telinga, pastikan bayi Anda cukup minum. Berikan ASI yang cukup agar bayi Anda bisa terus menelan. 

  • Memberikan Obat Tetes Telinga

Cara membersihkan telinga bayi yang bau selanjutnya adalah dengan memberikan obat tetes telinga untuk menghilangkan kotoran yang berlebih. Pastikan Anda konsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat tetes ini kepada bayi Anda. 

Baca Juga : Khawatir Anak Mengalami Penyakit Telinga? Inilah Cara Mencegahnya

Itulah pembahasan kali ini mengenai penyebab dan cara mengatasi telinga bau pada bayi. Pada dasarnya, bau pada telinga bayi karena infeksi dapat sembuh sendiri. Namun jika Anda mendapati bau pada telinga tidak sembuh dalam 3 hari, Anda dapat membawa bayi Anda ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut. 

Untuk memastikan kesehatan telinga bayi Anda dalam kondisi prima, lakukan pemeriksaan telinga bersama hearLIFE dan buat janji dengan kami segera. Semoga bermanfaat ya!