Khawatir Anak Mengalami Penyakit Telinga? Inilah Cara Mencegahnya

Foto Ilustrasi Anak Mengalami Penyakit Telinga
Mencegah Penyakit Telinga pada Anak

Penyebab sakit telinga pada anak tentunya dapat diakibatkan oleh banyak sebab, dan bisa mempengaruhi prestasi belajar anak di sekolah. Mulai dari kurang fokus anak terhadap pelajaran, ataupun tidak bisa menerima pelajaran dengan baik. Hal ini tentunya dapat membuat cemas para orang tua. 

Pada ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa penyebab anak dapat mengalami penyakit telinga, dan cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya. 

Penyebab Penyakit Telinga pada Anak

Anak-anak dengan usia sekolah rentan mengalami penyakit telinga, dikarenakan beberapa penyebab, yaitu di bawah ini:

1. Infeksi 

Pada dasarnya, anak-anak dengan mudah bisa mengalami infeksi telinga. Hal ini dikarenakan bagian-bagian telinga anak yang belum sempurna seperti telinga pada orang dewasa. Selain itu, juga dapat dipengaruhi oleh daya tahan tubuh anak yang belum kuat.  

Hal ini dapat ditandai oleh beberapa gejala seperti demam, nyeri pada telinga anak, dan tidak nafsu makan.

Baca juga: Cara Efektif Mengobati Sakit Telinga Sesuai Penyebabnya

2. Kotoran Telinga

Selain dapat disebabkan oleh infeksi pada telinga, penyakit telinga juga dapat disebabkan oleh kotoran yang masuk. 

Nah, oleh sebab itu hindari menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga anak, karena kotoran yang masuk lebih dalam ke telinga, akan berbahaya. 

3. Berenang 

Anak Anda hobi renang? Penyakit telinga yang diakibatkan oleh berenang adalah karena infeksi bakteri yang mengenai saluran telinga luar. 

Infeksi ini dapat ditandai dengan telinga yang kemerahan, dan dapat keluar cairan dari telinga. Jika Anda mendapati anak Anda terdapat gejala seperti ini, pastikan Anda segera periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

4. Tekanan Udara

Tekanan udara yang berbeda pastinya dapat membuat telinga anak Anda terasa sakit. Pada umumnya ini akan terjadi jika Anda dan anak melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat terbang. 

Nah, untuk menghindari tekanan udara yang tiba-tiba, Anda dapat memasang headphone pada anak Anda untuk mengurangi rasa sakit karena tekanan udara. 

Gejala Penyakit Telinga Pada Anak 

Di bawah ini adalah gejala-gejala dari penyakit telinga pada anak, yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

  • Kurangnya respon terhadap suara
  • Adanya cairan yang keluar dari telinga
  • Demam 
  • Kurangnya keseimbangan tubuh 
  • Batuk atau pilek 
  • Lemas

Jika Anda mendapati anak mengalami gejala-gejala di atas, pastikan Anda memeriksakan anak ke dokter THT untuk penanganan lebih lanjut. 

Baca juga: Kenali Tentang Infeksi Telinga dan Cara Mengatasinya

Cara Mencegah Penyakit Telinga

Nah, untuk mencegah penyakit telinga pada anak, Anda dapat menggunakan cara-cara sebagai berikut:

1. Periksa Secara Rutin

Untuk memastikan kesehatan telinga, pastikan Anda memeriksakan telinga anak Anda diperiksa secara rutin ke dokter THT. Cek secara berkala 6 bulan sekali untuk memastikan kesehatan telinga. 

2. Menjaga Telinga dari Suara Keras

Untuk menghindari telinga anak Anda mengalami masalah, pastikan hindarkan anak dari suara-suara keras yang dapat mengganggu pendengaran anak Anda.

3. Hindari Menggunakan Cotton Bud

Seringkali kita suka menggunakan cotton bud. Namun, hindari menggunakan cotton bud, karena hal ini dapat menyebabkan kotoran telinga semakin masuk ke dalam. 

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan baby oil atau kompres air yang hangat untuk membersihkan telinga anak Anda. 
Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai penyakit telinga pada anak. Pastikan kesehatan telinga anak Anda tetap terjaga dengan pemeriksaan. Seperti layanan pemeriksaan pendengaran untuk anak-anak yang dimiliki oleh hearLIFE. Yuk, buat janji sekarang juga. Simak informasi selengkapnya di sini.