Kenali Gangguan Pendengaran Penderita Diabetes

gangguan pendengaran penderita diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi yang mempengaruhi pengaturan gula darah dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan fluktuasi glukosa darah, yang dikenal sebagai episode hipo dan hiperglikemia. Jika seseorang tidak dapat mempertahankan kadar gula darahnya dalam kisaran yang sehat, ini dapat meningkatkan risiko komplikasi, yang dapat mencakup gangguan pendengaran.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan hubungan antara diabetes dan gangguan pendengaran dan menyarankan langkah-langkah yang dapat diambil oleh penderita diabetes untuk melindungi pendengarannya. Simak gangguan pendengaran penderita diabetes berikut ini.

Penyebab gangguan pendengaran penderita diabetes

Kadar gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi suplai darah ke pembuluh darah kecil dan saraf di telinga bagian dalam, yang mengakibatkan kerusakan dan mempengaruhi pendengaran. Kerusakan saraf dapat terjadi pada diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Kadar gula darah di atas batas normal juga dapat mempengaruhi bagaimana sinyal saraf berjalan ke otak dari telinga bagian dalam. Kerusakan ini juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Baca Juga :  Gejala Gangguan Pendengaran pada Diabetes

Untuk mendiagnosis gangguan pendengaran, dokter, seperti audiolog, dapat mengambil riwayat kesehatan seseorang dan menilai gejala apa pun. Kemungkinan gejala gangguan pendengaran dapat meliputi:

  • Sering meminta orang untuk mengulangi apa yang telah mereka katakan
  • Mengalami kesulitan mengikuti percakapan yang melibatkan lebih dari satu orang lain
  • Berpikir bahwa orang lain bergumam
  • Mengalami kesulitan mendengar orang di tempat yang bising, seperti restoran yang sibuk
  • Mengalami kesulitan mendengar orang yang berbicara pelan
  • perlu menyalakan TV atau radio dengan keras, yang mungkin dianggap terlalu keras oleh orang lain di sekitar
  • Mengalami kesulitan mendengar suara sehari-hari, seperti telepon, bel pintu, atau jam alarm

Faktor Resiko Gangguan Pendengaran pada Diabetes

Faktor risiko lain untuk gangguan pendengaran mungkin termasuk:

  • Penuaan
  • Paparan suara keras yang sering atau berkepanjangan
  • Genetika kondisi tertentu, seperti campak, gondok, meningitis, multiple sclerosis, dan stroke
  • Obat-obatan tertentu, termasuk obat antiinflamasi, antibiotik, dan diuretik, karena dapat menyebabkan kerusakan telinga permanen
  • trauma pada telinga melalui cedera kepala
  • Bahan kimia tertentu, karena dapat menyebabkan kerusakan pada telinga

Baca Juga : Inilah Dampak Pencemaran Suara Bagi Pendengaran Manusia

Pengobatan gangguan pendengaran pada diabetes

Tujuan pengobatan adalah untuk meningkatkan pendengaran orang dan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jenis gangguan pendengaran yang biasanya terkait dengan diabetes adalah sensorineural hearing loss (SNHL). Ini adalah jenis gangguan pendengaran yang terjadi akibat kerusakan pada telinga bagian dalam atau saraf antara telinga bagian dalam dan otak. Perawatan untuk SNHL dapat meliputi:

  • Alat bantu dengar digital: Alat bantu dengar digital adalah perangkat elektronik yang dipasang di telinga dan meningkatkan volume suara apa pun yang masuk ke telinga.
  • Implan koklea: Implan koklea adalah alat bantu dengar yang diletakkan di bawah kulit di telinga bagian dalam.
  • Implan batang otak pendengaran: Ini adalah perangkat yang mungkin cocok jika saraf pendengaran tidak berfungsi secara efektif dan menyebabkan gangguan pendengaran yang parah. Seorang dokter menanamkan perangkat ini melalui operasi.
  • Membaca bibir atau bahasa isyarat: Jika orang mengalami gangguan pendengaran yang parah, mereka mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan bahasa isyarat atau membaca bibir untuk membantu berkomunikasi dengan orang lain.

Adakah alat bantu dengar yang cocok untuk penderita diabetes?

Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli alat bantu dengar, langkah pertama adalah mengunjungi audiolog di daerah Anda. Audiolog dapat membantu Anda memilih perangkat berdasarkan tingkat gangguan pendengaran Anda. Alat bantu dengar yang cocok untuk Anda akan disarankan langsung oleh audiolog.

Demikian penjelasan mengenai gangguan pendengaran penderita diabetes. Jika Anda memiliki diabetes ada baiknya untuk memeriksakan pendengaran Anda dan hubungi kami untuk mengetahui alat bantu dengar yang cocok untuk Anda yang mengalami diabetes. Semoga bermanfaat!