Cara Merawat dan Membersihkan Alat Bantu Dengar Dengan Tepat

alat bantu dengar
freepik

Alat bantu dengar merupakan benda wajib yang harus dipakai orang dengan gangguan dengar. Merawatnya dengan cara yang tepat, dapat membuat alat bantu dengar bisa bertahan lebih lama. Untuk ulasan selengkapnya, simak ulasan di bawah ini mengenai cara merawat dan membersihkan alat bantu dengar dengan tepat. 

Cara Merawat Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar merupakan investasi jangka panjang, yang perlu dirawat agar tetap awet dipakai dan tetap berfungsi dengan baik. 

Berikut adalah tips merawat alat bantu dengar yang dapat Anda aplikasikan;

  • Gunakan kain lembut: Saat membersihkan alat bantu dengar Anda, pastikan Anda menggunakan kain lembut dan kering. Selain itu, cuci dan keringkan tangan Anda sebelum menyentuh alat bantu dengar Anda. Hindari menggunakan alkohol, pelarut atau bahan pembersih.
  • Mengganti filter lilin: Filter lilin berfungsi untuk mencegah kotoran telinga masuk ke bagian dalam alat bantu dengar Anda. Saat Anda menghilangkan kotoran telinga dari perangkat Anda, Anda juga perlu untuk mengganti filter lilin atau pelindung lilin secara rutin. 

Baca Juga : Inilah Cara Memperbaiki Alat Bantu Dengar yang Tepat

  • Hindari air dan kelembaban: Jika alat bantu dengar Anda terkena air dan lembab, dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Walaupun banyak dari jenis alat bantu dengar tahan air, ada baiknya jika Anda melepasnya terlebih dahulu sebelum mandi atau berenang. 
  • Hindari baterai dari sinar matahari langsung: Alat bantu dengar Anda tidak boleh untuk disimpan dalam mobil Anda atau di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini adalah untuk menghindari dari kerusakan alat bantu dengar Anda. 

Cara Membersihkan Model Receiver-In-Canal (RIC)

Receiver-In-Canal (RIC)

Sekarang ini, telah tersedia banyak jenis alat bantu dengar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Salah satunya adalah jenis Receiver-In-Canal. Agar alat bantu dengar Anda berfungsi dengan normal, Anda perlu membersihkannya secara rutin. Berikut adalah tips cara membersihkan alat bantu dengar model RIC, yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, lepaskan tutup karet dari ujung alat bantu dengar Anda dan ganti perangkap lilin. Ambil salah satu ujung perangkap lilin yang baru Anda beli, dorong ke tengah dan keluarkan perangkap lilin yang lama. Bersihkan alat bantu dengar Anda menggunakan lap yang lembut. 
  2. Sikat perangkat Anda, mulai dari mikrofon sampai dengan tombol tekan. Jika ada kotoran di sekitar tombol, maka tombol akan berkurang fungsinya. Setelah itu, buka baterai dan bersihkan kotoran yang ada dalam tempat baterai. Terlalu banyak kotoran yang menumpuk akan mengakibatkan alat bantu dengar Anda tidak menyala. 
  3. Anda juga dapat membersihkan perangkat Anda secara rutin dengan profesional alat bantu dengar setiap tiga sampai dengan enam bulan.

Cara Membersihkan Model Behind-The-Ear (BTE)

Behind-The-Ear (BTE)

Model alat bantu dengar yang kedua adalah Behind-The-Ear (BTE). Berikut adalah cara-cara membersihkannya;

  1. Periksa perangkat dari kotoran dan bersihkan dengan sikat lembut atau kain kering.
  2. Lepaskan earmold untuk membersihkannya. Beberapa jenis earmold yang berbahan lembut, dapat berubah warnanya seiring dengan waktu. Anda dapat membersihkannya dengan rendaman air sabun hangat seminggu sekali. 
  3.  Pastikan earmold telah kering sebelum digunakan. 

Aturan Dalam Penggunaan Alat Bantu Dengar

Agar alat bantu dengar Anda berfungsi secara normal, pastikan Anda memperhatikan hal-hal di bawah ini;

  • Tidak menggunakan alat bantu dengar saat mandi dan mencuci muka

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, alat bantu dengar kini telah dilengkapi dengan fitur tahan air. Namun, akan lebih baik jika Anda tidak memakainya saat Anda mandi ataupun mencuci muka. Air dan kelembaban dapat membuat alat bantu dengar Anda menjadi rentan rusak.

  • Hindari menggunakan alat saat suhu yang panas atau dingin

Selanjutnya adalah Anda perlu menyimpan alat bantu dengar Anda ketika suhu sedang sangat dingin atau panas. Menggunakan alat bantu dengar di bawah sinar matahari yang terik dapat menurunkan kualitas perangkat Anda. 

Baca Juga : Kenali Jenis-jenis Alat Bantu Dengar yang Perlu Anda Ketahui

  • Rutin membersihkan pada malam hari

Pastikan Anda selalu membersihkan perangkat Anda setiap malam hari sebelum tidur. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan alat bantu dengar pada esok harinya dengan nyaman. 

Itulah pembahasan kali ini mengenai cara merawat dan membersihkan alat bantu dengar dengan tepat. Hubungi kami lebih lanjut untuk layanan perbaikan dan perawatan alat bantu dengar bergaransi.