5 Pertanyaan yang Bisa Anda Tanyakan Saat Bertemu Audiologis

Pertanyaan saat bertemu Audiologis

Saat Anda datang ke hearing center guna melakukan pemeriksaan pendengaran, seringkali Anda mungkin bingung hal-hal apa saja yang harus Anda tanyakan kepada Audiologis di Hearing center terkait gejala gangguan pada pendengaran yang sedang Anda alami.

Hal ini sangat wajar, karena masih banyak orang yang awam tentang masalah pendengaran. Banyak orang beranggapan, gangguan pendengaran hanyalah bagian dari penambahan usia yang tidak perlu dikhawaatirkan. Banyak juga orangtua yang pada saat membawa anaknya ke hearing center dalam kondisi buta informasi tentang permasalahan ini.

Pada awalnya, Audiologis akan melakukan test pendengaran dan menjelaskan detail hasil tes Anda. Setelahnya ia akan memberikan waktu kepada Anda bertanya banyak hal. Nah, siapkan catatan dari rumah apa saja yang perlu Anda tanyakan agar tidak bingung saat berada si hearing center.

Kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang bisa Anda catat sebelum Anda bertemu Audiologis Anda dan melakukan konsultasi.

Apa jenis gangguan pendengaran yang saya alami?

Ada beberapa tipe gangguan pendengaran, dan mungkin tidak semuanya Anda pahami. Sebelumnya, Anda bisa juga mencari tahu tentang apa itu gangguan dengar sensorineural, konduktif atau pun campuran. Dengan mengetahui tiga-tipe gangguan dengar ini, Anda akan sedikit lebih mudah memahami penjelasan Audiologis nantinya.

Seberapa berat gangguan pendengaran yang saya alami?

Audilogis akan menerbitkan data audiogram setelah Anda menjalani pemeriksaan pendengaran. Anda bisa menanyakan banyak hal mengenai grafik yang dikeluarkan oleh Audiologis. Grafik tersebut menggambarkan bagaimana kondisi pendengaran Anda saat itu. Gangguan pendengaran akan digambarkan dalam sebuah audiogram untuk mengukur seberapa baik Anda mendengar dan frekuensi mana yang paling baik Anda dengar (nada rendah vs nada tinggi). Gangguan pendengaran dapat berkisar dari ringan hingga berat, dan pilihan terapi akan bervariasi tergantung pada tingkat gangguan pendengaran Anda. Tanyakan lebih detail perihal ini kepada Audiologis.

Apakah masing-masing telinga memiliki gangguan pendengaran yang sama?

Seperti halnya mata, masing masing telinga mungkin memiliki gangguan pendengaran yang berbeda. Agar Anda bisa memutuskan terapi apa yang sesuai, maka Anda perlu menanyakan bagaimana kondisi masing masing-masing telinga, Beberapa orang memilih memutuskan menggunakan alat bantu dengar di satu telinga dan implan rumah siput di telinga yang lain. Tentu hal ini juga harus dikonsultasikan dengan Audiologis Anda.

Alat bantu dengar mana yang terbaik untuk Saya?

Anda akan diperkenalkan dengan beragam tipe alat bantu dengar. Yang perlu Anda tanyakan adalah, alat bantu dengar tipe mana yang sesuai dengan karakter Anda. Ada berbagai jenis dan tipe alat bantu dengar di pasaran saat ini, masing-masing dengan fitur yang dirancang agar sesuai dengan jenis gangguan pendengaran tertentu serta gaya hidup Anda masing masing. Berikan sebanyak mungkin informasi kepada Audiologis Anda tentang karakter dan aktivitas sehari-hari Anda agar Audiologis bisa menentukan alat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah terdapat garansi untuk alat bantu dengar saya?

Produsen alat bantu dengar yang berbeda memiliki jaminan alat bantu dengar yang berbeda untuk produk mereka. Anda perlu mengetahui jenis jenis garansi untuk perangkat khusus Anda untuk menentukan apakah Anda harus membeli asuransi tambahan atau tidak atau produsen alat bantu dengar sudah memastikan Anda terlindung dari kehilangan dan pencurian, atau kerusakan tertentu yang mungkin terjadi.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran kira-kira pertanyaan apa yang bisa Anda tanyakan saat di hearing center? Jika ada pertanyaan lainnya, hubungi hearlife setempat.