Terapi Ear Candle untuk Membersihkan Kotoran Telinga, Bahayakah?

Terapi ear candle untuk membersihkan kotoran telinga mungkin bukan sesuatu hal yang baru bagi sebagain orang, jika Anda bepergian ke pusat kecantikan atau ke pusat perbelanjaan, seringkali kita jumpai layanan terapi ear candle ini ada di sana. Dengan membuang kotoran telinga, terlebih kotoran yang mengeras tanpa rasa sakit, terapi ear candle ini pun cukup banjir peminat. Tapi, apa sih sebenarnya yang dilakukan lilin terapi ini sehingga bisa mengangkat kotoran telinga?

Mengenal Lilin Terapi atau Ear Candle

Ear candle terbuat dari kain yang dibentuk mengerucut kemudian dilapisi dengan paraffin. Bagian yang mengerucut dari ear candle ini akan ditempatkan di dalam telinga, sedangkan bagian luar yang terdapat di luar telinga akan dibakar. Ear candle memiliki panjang kurang lebih 30 cm. Untuk melakukan terapi ear candle, waktu yang dibutuhkan sampai kotoran telinga dikatakan bersih adalah sekitar 10-15 menit. Prosedur ini biasanya dijalankan sampai hanya tersisa 3-4 inchi lilin, setelah itu proses terapi ear candle berhenti.

Tujuan Terapi Ear Candle

Saat ini, belum banyak penelitian ilmiah yang mengupas seberapa besar manfaat dari terapi ear candle. Namun, banyak produsen yang memasarkan terapi ear candle sebagai cara untuk membantu kesehatan telinga, dimana disebutkan oleh mereka fungsinya adalah untuk:

  • Membersihkan kotoran telinga
  • Mengatasi otitis eksterna pada orang yang gemar berenang
  • Terapi Tinitus
  • Terapi masalah pendengaran
  • Mengatasi sinusitis
  • Mengatasi pilek dan flu
  • Mengatasi sakit pada tenggorokan
  • Mengatasi vertigo dan sakit kepala
  • Meredakan stres dan rasa cemas

Yang begitu meyakinkan adalah, setelah menjalani terapi ear candle ini, terapis akan menunjukan kepada orang yang melakukan terapi, material apa yang keluar dari telinga pasien, dengan cara memotong bagian lilin dan membukanya secara vertikal.

Baca juga: Kenali Apa Itu Irigasi Telinga dan Prosedurnya

Benarkah Terapi Ear Candle Aman untuk Telinga?

Belum ada bukti spesifik bahwa terapi ear candle memiliki manfaat untuk kesehatan telinga. Belum ada penelitian yang benar-benar mendukung pendapat para produsen ear candle, bahwa lilin terapi ini dapat berfungsi menciptakan vakum di saluran telinga, sehingga mampu menarik residu yang berada di dalam telinga keluar dari telinga.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2004 dalam The Journal of Laryngologi & Otology, disebutkan bahwa cairan dan gas tidak bisa melewati gendang telinga yang normal dan sehat. Hal ini meyakinkan bahwa pendapat tentang terapi ear candle bisa membantu meringankan sumbatan akibat sinus, dinyatakan tidak mungkin secara fisik.

Kianoosh Nahid, dan rekan, di tahun 2011 pernah juga melakukan penelitian tentang seberapa aman terapi ear candle yang kemudian dipublikasikan dalam Journal Otorhinolaryngology Vol. 23. Dalam penelitian ini, seorang wanita berbagi pengalaman setelah melakukan terapi ear candle, dimana ia merasa nyeri pada telinga. Setelah diperiksa, dalam saluran telinga wanita tersebut terdapat massa berwarna kuning, yang setelah diteliti, massa tersebut berasal dari lelehan lilin yang jatuh ke telinga wanita tersebut. Lalu, apa yang dilihat pasien ketika terapis memperlihatkan residu usai pasien melakukan terapi? 

Masih di penelitian yang sama, disebutkan oleh peneliti kemungkinan besar itu bukanlah kotoran telinga. Peneliti telah mengukur jumlah kotoran telinga sebelum dan sesudah dilakukan terapi ear candle, dan hasilnya tidak ada perubahan. Bahkan di beberapa kasus jumlahnya bertambah karena terdapat sisa zat lilin setelah terapi. Dengan penelitian ini, maka sebaiknya penggunaan terapi ear candle untuk membersihakn kotoran telinga dihindari, mengingat beberapa bahaya yang mungkin terjadi di antaranya:

  • Rasa panas di wajah, telinga bagian luar, gendang telinga dan telinga bagian dalam selama terapi
  • Berisiko merusak gendang telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Jika lilin terjatuh, maka berpotensi menyebabkan infeksi saluran telinga

Baca juga: Inilah Berbagai Penyebab dan Tips Mengatasi Telinga Gatal

Nah, jika Anda memang ingin mendapatkan telinga yang benar-benar bersih dan sehat, saran kami adalah rutin membersihkan telinga bagian luar dengan cotton bud, dan untuk telinga bagian tengah dan dalam, bersihkan telinga langsung ke dokter THT.