Fungsi Gendang Telinga Untuk Pendengaran, Penting!

berbagai fungsi gendang telinga

Indera pendengaran adalah salah satu dari panca indera utama manusia. Telinga memiliki bagian-bagian dengan fungsinya masing-masing. Dalam hal ini, fungsi utama dari telinga adalah fungsi gendang telinga karena pada saat suara masuk telinga, suara akan mengenai gendang telinga. 

Oleh karena itu sangat penting untuk memahami fungsi dari gendang telinga dan perawatannya. Berikut ini adalah ulasan yang akan menjawab tentang apa fungsi organ telinga dan pentingnya gendang telinga dalam proses mendengarkan.

Fungsi Telinga

Telinga selain menjadi organ pendengaran, terdapat fungsi telinga yang lainnya. Fungsi yang utama terdapat pada bagian dalam telinga. Dalam telinga, terdapat satu organ berisi cairan yang menjaga keseimbangan dan merupakan fungsi bagian telinga yang penting. Keseimbangan ini dibagi menjadi dua, antara lain:

  1. Keseimbangan statis yaitu keseimbangan ketika tegak berdiri
  2. Keseimbangan dinamis yaitu keseimbangan ketika tubuh bergerak.

Telinga sendiri dibagi menjadi tiga bagian, antara lain:

  1. Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga dan saluran telinga. Fungsi telinga luar adalah mengumpulkan gelombang suara yang nantinya akan diteruskan ke saluran telinga. 

Baca juga: Mengatasi Telinga Berdengung Secara Alami dan Mudah

  1. Telinga bagian tengah

Telinga bagian tengah terdiri dari gendang telinga, tulang telinga, dan rumah siput. indera pendengaran utamanya bergantung pada fungsi telinga tengah karena gendang telinga termasuk dalam salah satu organnya.

Kemudian fungsi gendang telinga pada manusia berperan untuk menangkap gelombang suara, kemudian mengubahnya menjadi getaran. Gelombang suara yang sudah dikonversi inilah yang nantinya akan diteruskan ke tulang telinga.

Tulang telinga terdiri dari banyak bagian menjadi satu kesatuan. Bagian tersebut antara lain Maleus, martil, inkus, landasan, stapes, dan sanggurdi. Fungsi utamanya adalah untuk meneruskan getaran yang masuk dari gendang telinga ke rumah siput.

  1. Telinga Bagian Dalam

Selain bergantung pada telinga tengah, indera pendengaran juga sangat dipengaruhi oleh fungsi telinga bagian dalam. Pasalnya bagian dalam inilah yang berisi syaraf-syaraf pendengaran yang selanjutnya akan dikirimkan ke otak.

Bagian dari telinga dalam dimulai dari saluran eustachius, rumah siput atau koklea, dan saluran gelang. Masing-masing organ ini memiliki fungsi sendiri. Pertama adalah saluran eustachius yang berfungsi untuk menghubungkan ruang telinga dengan rongga mulut. Tujuannya adalah menjaga agar tekanan udara telinga tengah dan saluran telinga luar agar tetap seimbang. Tekanan terlalu kuat pada satu bagian akan menyebabkan permasalahan fungsi selaput gendang telinga.

Kemudian, fungsi koklea pada telinga adalah mengubah getaran yang disalurkan oleh tulang pendengaran menjadi impuls syaraf yang nantinya dikirimkan ke otak.

Baca juga: Inilah Ciri-ciri Gendang Telinga Pecah yang Jarang Orang Ketahui!

  1.  Tulang Pendengaran

Gelombang suara yang diterima oleh gendang telinga pada manusia tidak akan cukup kuat diterima oleh otak tanpa adanya tulang pendengaran. Meskipun terlihat pasif, tetapi fungsi 3 tulang pendengaran yang berada di tulang tengah memiliki tugas yang penting yaitu meningkatkan getaran suara dan meneruskannya ke telinga bagian dalam. Peningkatan getaran suara ini diperlukan untuk melanjutkan energi dari gelombang suara ke cairan yang terdapat dalam telinga.

Seluruh bagian telinga bekerja dalam waktu yang bersamaan dan dalam mekanisme yang satu padu. Sehingga apabila ditanyakan apakah fungsi dari daun telinga dan gendang telinga? Daun telinga sendiri berfungsi untuk mengumpulkan gelombang suara di udara, kemudian gendang telinga menerimanya dalam satu sistem yang bekerja cepat.

Itulah ulasan tentang fungsi gendang telinga serta organ lainnya. Penting untuk memahami fungsinya masing-masing agar dapat menjaga kesehatan telinga.