Ketahui Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga Yang Aman dan Efektif

cara penggunaan obat tetes telinga

Umumnya obat tetes telinga menjadi cara yang efektif untuk segera menyembuhkan infeksi telinga dan mengeluarkan kotoran telinga. Tentu saja sakit telinga bisa mengenai siapa saja, baik itu anak – anak hingga para orang dewasa. 

Jika Anda sedang mengalami telinga bermasalah Anda harus terlebih dahulu mempelajari cara menggunakan obat tetes telinga untuk memudahkan penyembuhan pada telinga. Anda juga perlu tahu kondisi yang bagaimana saja untuk menggunakan obat tersebut. Berikut ulasan cara menggunakan obat tetes telinga yang aman dan efektif:

Cara Menggunakan Obat Tetes dengan Aman

Penggunaan obat tetes telinga perlu diketahui agar cairan masuk dalam telinga dengan aman dan benar. Inilah cara memakai obat tetes telinga:

  • Pertama, Anda harus periksa obat telinga yang akan Anda gunakan tersebut. Anda harus memastikan bahwa obat tersebut masih belum melewati masa kadaluarsanya.
  • Lalu, cara pakai obat tetes telinga yang benar maka ada baiknya jika Anda mencuci kedua tangan. Jika Anda kesulitan menemukan air tersebut maka Anda bisa memakai hand sanitizer saja.
  • Kemudian, Anda dapat mengocok obat tetes untuk telinga yang sudah dipersiapkan.
  • Jika botol obat tersebut terdapat pipet maka Anda dapat mengangkat pipet tersebut dengan hati – hati dan letakkan botol tersebut menggunakan alas penampang yang kuat.

Baca juga: 3 Cara Merawat Kesehatan Telinga Agar Bersih Dan Sehat

  • Kemudian Anda dapat mengeluarkan cairan dan memasukkannya ke dalam telinga Anda yang sakit. Setelah itu, miringkan posisi kepala Anda dalam jangka waktu kurang lebih 2 menit supaya obat ini menyerap merata sesuai dengan benar.
  • Anda bisa melakukan langkah yang sama ketika hal ini diperlukan lagi. 
  • Cara pakai obat tetes telinga yang terakhir adalah membersihkan sisa tetes obat yang tersisa di sekitar telinga dan 
  • Setelah selesai meneteskan obat tetes pada telinga kemudian lakukan penyimpanan terhadap obat tersebut.

Baca juga: Mengatasi Telinga Berdengung Secara Alami dan Mudah

Ketika menggunakan obat telinga, Anda harus benar – benar memperhatikan anjuran penggunaan obat tersebut. Jika salah cara memakai obat tetes telinga akan menyebabkan efek samping yang cukup serius pada telinga.

Sebelum menggunakan obat tersebut, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk memahami cara penggunaannya serta tahu efek samping yang akan ditimbulkan. Itulah cara penggunaan obat tetes telinga yang perlu Anda ketahui.