Inilah Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga yang Tepat dan Aman

Seorang wanita sedang berusaha mengeluarkan air dari telinganya
Inilah Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga yang Tepat dan Aman

Masuknya air ke dalam telinga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti berenang, atau saat Anda sedang mandi. Hal ini pastinya dapat mengakibatkan rasa yang tidak nyaman pada telinga. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengeluarkan air dari telinga secara benar dan aman. Berikut adalah ulasannya.

1. Menggunakan Pengering Rambut

C:\Users\bebechong\Desktop\woman-hands-with-hair-dryer-blue-pink-background-beauty-concept.jpg

Cara untuk mengatasi telinga kemasukan air yang pertama adalah dengan menggunakan pengering rambut. Panas yang dikeluarkan dapat membantu penguapan air di dalam saluran telinga Anda. 

Caranya cukup mudah, pertama nyalakan pengering rambut Anda dengan pengaturan terendah. Jauhkan sedikit pengering rambut dari telinga Anda, dan tunggu beberapa saat sampai Anda merasa air sudah keluar. 

Baca juga: 3 Cara Merawat Kesehatan Telinga Agar Bersih Dan Sehat

2. Pakai Olive Oil 

C:\Users\bebechong\Desktop\olive-oil-olive-branch-wooden-table.jpg

Nah, bagaimana jika telinga anak yang kemasukan air? Anda dapat menggunakan olive oil sebagai pilihan yang aman bagi anak. 

Anda cukup siapkan olive oil yang hangat, lalu masukkan beberapa tetes olive oil ke telinga. Kemudian, minta anak untuk berbaring pada sisi yang lain untuk 10 menit. Tunggu sampai air dapat keluar dengan sendirinya. Cukup mudah, kan?

3. Kompres Hangat

C:\Users\bebechong\Desktop\spa-towels-top-view.jpg

Menggunakan handuk atau waslap yang direndam hangat juga merupakan salah satu cara jitu mengatasi kuping yang kemasukan air. Pastikan handuk yang Anda gunakan tidak terlalu panas, karena dapat mengakibatkan luka atau iritasi pada telinga.

Pertama, rendam handuk di dalam air hangat, lipat handuk dan miringkan kepala Anda, lalu letakkan telinga Anda pada handuk tersebut. Tunggu selama beberapa menit, dan biarkan telinga Anda rileks. 

4. Gunakan Hidrogen Peroksida

C:\Users\bebechong\Desktop\plastic-container-medicine-bottle-written-english-hydrogen-peroxide-isolated-blue-background-concept-first-care.jpg

Hidrogen peroksida memiliki beragam manfaat antara lain dapat membantu menghilangkan kotoran yang menghalangi jalur di saluran telinga. Beberapa obat tetes telinga yang dijual bebas, terdapat kandungan hidrogen peroksida berguna untuk membersihkan kotoran telinga maupun mengeluarkan air di dalam telinga. 

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu miringkan kepala dan masukkan sekitar 2 sampai dengan 3 tetes ke dalam telinga. Tunggu beberapa menit dan bersihkan air yang mengalir menggunakan lap bersih. 

Namun, ada beberapa orang yang tidak bisa menggunakan hidrogen peroksida untuk telinga mereka, seperti: 

  • Orang yang baru menjalani operasi telinga
  • Memiliki luka terbuka pada saluran telinga
  • Memiliki gendang telinga yang pecah 
  • Mengalami infeksi telinga

Oleh karena itu, jika Anda tidak yakin dengan kondisi telinga Anda saat ini, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter sebelum menggunakan hidrogen peroksida. 

Baca juga: Inilah Berbagai Penyebab dan Tips Mengatasi Telinga Gatal

5. Campuran Cuka dan Alkohol

C:\Users\bebechong\Desktop\container-vinegar-brown-background.jpg

Untuk mengeluarkan air dari telinga, Anda dapat membuat campuran alkohol dan cuka yang dengan mudah Anda temukan di rumah. Anda dapat mencampurkan setengah sendok cuka dan alkohol untuk menguapkan air dalam telinga. Setelah itu, miringkan kepala Anda dan gosok bagian luar telinga dengan campuran alkohol dan cuka. Tunggu selama 30 detik dan keringkan telinga bagian luar dengan lap bersih. Itulah pembahasan kali ini mengenai tips untuk mengeluarkan air dari telinga. Pastikan Anda juga melakukan pemeriksaan kesehatan telinga secara rutin. HearLIFE memiliki berbagai produk dan layanan pendengaran, khusus untuk Anda. Untuk informasi selengkapnya, jangan ragu untuk segera menghubungi kami.