3 Cara Kerja Telinga Saat Menangkap Bunyi

bagaimana kerja telinga

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa manusia memiliki sepasang telinga yang memiliki fungsi sebagai indra pendengaran. Dengan adanya telinga, maka manusia bisa mendengarkan suara musik, suara bising, bahkan bisa menangkap suara bisikan yang suaranya kecil sekalipun. 

Lalu, apakah Anda tahu apa saja bagian dari telinga dan bagaimana cara kerja telinga saat menangkap bunyi? Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara kerja telinga saat menangkap bunyi beserta fungi lainnya. 

Cara Kerja Telinga Untuk Mendengar Bunyi

Untuk membahas cara kerja dari telinga ini, dimulai dari adanya bunyi yang merambat di udara lalu bunyi atau getaran tersebut ditangkap oleh daun telinga. Lalu, bunyi akan masuk ke dalam lubang yang disebut dengan saluran pendengaran luar. Kemudian bunyi atau getaran tadi akan mengenai gendang telinga. 

Perubahan tekanan pada saluran luar tersebut dapat membuat gendang telinga ikut bergetar sehingga getaran itu akan diteruskan ke rangsangan saraf lalu menuju otak untuk bisa menjadi informasi yang didengar oleh manusia. 

Nah, di dalam otak inilah nanti bunyi akan diterjemahkan dalam bentuk informasi. 

Baca juga: Ketahui Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga Yang Aman dan Efektif

Bagian-bagian Telinga dan Fungsinya

Bagian telinga terdiri dari 3 bagian, yaitu:

  1. Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri dari daun telinga dan juga saluran telinga. Fungsi utama dari bagian telinga yaitu untuk mengumpulkan suara yang ada lalu menyalurkan ke saluran telinga sehingga mengarah ke telinga bagian tengah. 

Sedangkan untuk kelenjar kulit yang melapisi saluran telinga memiliki fungsi untuk melindungi saluran dengan cara merekatkan kotoran untuk menghindari serangga kecil yang bisa masuk ke dalam telinga serta bisa membantu mencegah infeksi di telinga. 

  1. Telinga bagian tengah

Telinga bagian tengah ini memiliki fungsi untuk bisa menghasilkan getaran yang baik. Oleh karena itu, kedua sisi gendang telinga harus sama sehingga bisa menjaga tekanan di antara kedua sisi gendang telinga tersebut. Jadi telinga bagian ini bisa menjaga tekanan dan menjaga keseimbangan telinga.

Baca juga: Kenali Bagian-Bagian Telinga Serta Fungsinya

  1. Telinga bagian dalam

Bagian telinga yang ketiga adalah telinga bagian dalam. Telinga bagian dalam berfungsi untuk merubah sinyal saraf yang nantinya akan mengubah getaran dari telinga tengah menjadi sinyal saraf. 

Sinyal-sinyal inilah yang akan berjalan menuju otak di sepanjang saraf koklea dan dikenal sebagai saraf pendengaran. 

Saluran setengah lingkaran sendiri berfungsi untuk membantu Anda menyeimbangkan getaran tersebut, fungsi yang lainnya yaitu bisa menerjemahkan sinyal-sinyal lalu mengirimkan pesan ke otot- otot yang membantu Anda tetap seimbang. Saraf koklea sendiri memiliki fungsi untuk mengirimkan informasi suara ke otak juga membawa informasi  keseimbangan. Begitulah cara kerja telinga.

Itulah cara kerja telinga saat menangkap bunyi. Semoga bermanfaat.