Inilah Ciri-ciri Gendang Telinga Pecah yang Jarang Orang Ketahui!

gendang telinga seorang wanita
Telinga seorang wanita

Gendang telinga memiliki fungsi yang penting, yaitu menghantarkan getaran suara menuju tulang pendengaran yang terletak di telinga tengah. Oleh karena itu, adanya gendang telinga berperan dalam kejernihan suara. Namun, apakah yang akan terjadi jika gendang telinga kita pecah? Pastinya akan menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Berikut adalah ciri-ciri gendang telinga pecah yang perlu Anda ketahui. 

Fungsi Gendang Telinga 

Berikut merupakan beberapa fungsi dari gendang telinga, yaitu sebagai berikut:

1. Untuk Fungsi Pendengaran 

Saat gelombang suara memasuki saluran telinga, gelombang ini mengenai gendang telinga, dan menyebabkannya bergetar. Kemudian, getaran ini menggerakkan tiga tulang kecil yang terdapat di telinga tengah. Setelah itu, tulang tersebut meningkatkan suara dan mengantarkannya ke koklea di telinga bagian dalam dan akhirnya saraf pendengaran membawa sinyal ke otak, yang diterima sebagai suara. 

2. Sebagai Pelindung 

Selain untuk fungsi pendengaran, gendang telinga juga bermanfaat sebagai pelindung. Dengan cara melindungi telinga tengah dari berbagai debu, kotoran ataupun bakteri. Nah, jika gendang telinga pecah atau berlubang, maka telinga tengah akan rentan pada infeksi. Oleh sebab itu, yuk kita jaga kesehatan telinga kita.

Baca juga: Mengatasi Telinga Berdengung Secara Alami dan Mudah

Ciri-ciri Gendang Telinga Pecah 

Setelah mengetahui fungsi utama dari gendang telinga, berikut merupakan gejala-gejala dari gendang telinga pecah yang perlu Anda waspadai. Yaitu sebagai berikut:

1. Vertigo

Gejala yang pertama yang muncul karena gendang telinga pecah adalah vertigo. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang merasa pusing dan seakan-akan sekitarnya berputar. Gejala vertigo seringkali dapat mengakibatkan mual dan muntah. Walaupun gejala vertigo dapat hilang sendiri, pada beberapa kasus vertigo, harus ditangani oleh dokter. 

2. Telinga Berdenging

Beberapa penyebab gendang telinga pecah seperti cedera, suara keras dan infeksi dapat menyebabkan telinga berdenging. Dalam istilah medisnya, tinnitus ini dapat terjadi pada usia berapa saja. Segera cek ke dokter apabila telinga Anda berdenging yang disertai dengan gangguan pendengaran.

3. Telinga Gatal 

Gejala selanjutnya dari gendang telinga yang pecah adalah munculnya rasa gatal. Jika merasa telinga Anda gatal, Anda dapat menggunakan baby oil untuk membantu melembabkan telinga, dan bersihkan telinga dengan obat tetes telinga. Hindari menggunakan cotton bud, karena akan menyebabkan kotoran telinga terdorong ke dalam.

4. Keluar Cairan 

Ketika gendang telinga kita pecah, kemungkinan besar akan keluar cairan dari telinga yang berupa nanah atau berdarah. Jika Anda mengalami hal ini, bersihkan bagian telinga luar menggunakan bahan yang lembut. Jangan panik dan segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Baca juga: Penyakit Gangguan Pendengaran: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Tips Menjaga Kesehatan Telinga 

Berikut adalah beberapa tips agar telinga Anda tetap sehat, simak yuk!

1. Hindari membersihkan telinga menggunakan cotton bud.

2. Membersihkan telinga secara rutin ke dokter THT.

3. Hindari volume suara yang terlalu keras.

4. Gunakan headset atau alat bantu dengar dengan tepat.

5. Pastikan telinga Anda tetap kering.

6. Hindari stres yang berlebihan
Nah, itulah ulasan kali ini mengenai ciri-ciri gendang telinga pecah yang perlu Anda ketahui. Untuk memastikan kesehatan telinga Anda, Anda dapat mencoba layanan pemeriksaan pendengaran dari hearLIFE. Untuk info selengkapnya, Anda dapat klik di sini.