Tak Perlu Khawatir, Ini Dia Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga
Tak Perlu Khawatir, Ini Dia Cara Menghilangkan Benjolan di Belakang Telinga

Pernahkah Anda menemukan benjolan di belakang telinga ketika merabanya? Jika iya maka tentu Anda mulai bertanya- tanya apakah benjolan itu berbahaya atau tidak. Sebetulnya ada banyak faktor dan juga penyebab mengapa bisa ada benjolan pada telinga.  

Lalu, apa kondisi ini berbahaya? Bagaimana cara menghilangkan benjolan pada telinga? Berikut ini penjelasan lengkap mengenai pertanyaan di atas.

Bahaya Benjolan di Belakang Telinga

Benjolan pada belakang telinga dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya pembengkakan kelenjar getah bening atau infeksi. Untuk tampilan dari benjolan ini sendiri mirip dengan jerawat. Benjolan ini pada umumnya adalah jenis dari terbentuknya sel kulit mati dan juga minyak yang banyak diproduksi oleh kelenjar minyak di kulit Anda. 

Benjolan di belakang  telinga umumnya tidak berbahaya tetapi jika Anda merasakan sakit pada benjolan tersebut maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Namun, jika benjolan di belakang telinga tidak sakit maka bisa dirawat di rumah

Baca juga: Penyakit Gangguan Pendengaran: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Benjolan di Telinga

Pada umumnya benjolan pada belakang telinga bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika benjolan di belakang telinga sakit jika ditekan bisa jadi benjolan tersebut terkena infeksi dan perlu diperiksakan ke dokter lalu jika benjolan tidak serius maka dapat dirawat di rumah.  Inilah cara menghilangkan benjolan di belakang telinga:

  1. Jangan Memecahkan Benjolan

Jika Anda menemukan benjolan di telinga maka jangan langsung memecahkan benjolan tersebut   karena bisa saja benjolan tersebut sudah terkena infeksi. 

  1. Kompres dengan Air Hangat

Anda dapat mengompresnya dengan air hangat sehingga bisa meringankan rasa sakit yang muncul. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merendam handuk kecil ke dalam air hangat lalu menempelkan handuk tersebut ke atas permukaan benjolan. Diamkan selama beberapa menit dan dilakukan berulang beberapa kali sehari.

Baca juga: Inilah Ciri-ciri Gendang Telinga Pecah yang Jarang Orang Ketahui!

  1.  Minum Obat

Selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat. Anda bisa membeli obat di apotek dan menggunakan obat oles yang mengandung vitamin A atau tretinoin.

Benjolan pada daun telinga umumnya tidak berbahaya. Namun, jika cara diatas tidak berhasil maka bisa saja terjadi infeksi atau penyakit yang berbahaya seperti kista. Karakter benjolan yang mungkin mengarah kepada penyakit kanker yaitu:

  • Munculnya gejala infeksi seperti kemerahan, dan bernanah
  • Diameter benjolan lebih besar daripada 5 sentimeter (cm)
  • Benjolan tumbuh lagi dengan cepat setelah operasi

Itulah penjelasan mengenai cara menghilangkan benjolan telinga. Memang tidak mudah untuk mengetahui apakah benjolan yang Anda miliki berbahaya atau tidak maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT atau hubungi kami untuk mengetahui perawatan yang sebaiknya dilakukan.